Hukum TAHLILAN menurut NU
Muktamar NU ke-1 di Surabaya tanggal 13 Rabiuts Tsani 1345
H/21
Oktober 1926
Oktober 1926
Mencantumkan pendapat Ibnu Hajar al-Haitami dan
menyatakan bahwa selamatan kematian adalah bid’ah yang hina namun tidak sampai
diharamkan dan merujuk juga kepada Kitab Ianatut Thalibin.
Namun Nahdliyin generasi berikutnya menganggap pentingnya
tahlilan tersebut sejajar (bahkan melebihi) rukun Islam/Ahli Sunnah wal
Jama’ah. Sekalipun seseorang telah melakukan kewajiban-kewajiban agama, namun
tidak melakukan tahlilan, akan dianggap tercela sekali, bukan termasuk golongan
Ahli Sunnah wal Jama’ah.
Di zaman akhir yang ini dimana keadaan pengikut sunnah
seperti orang ‘aneh’ asing di negeri sendiri, begitu banyaknya orang Islam yang
meninggalkan kewajiban agama tanpa rasa malu, seperti meninggalkan Sholat
Jum’at, puasa Romadhon,dll.
Sebaliknya masyarakat begitu antusias melaksanakan tahlilan
ini, hanya segelintir orang yang berani meninggalkannya. Bahkan non-muslim pun
akan merasa kikuk bila tak melaksanakannya. Padahal para ulama terdahulu
senantiasa mengingat dalil-dalil yang menganggap buruk walimah (selamatan)
dalam suasana musibah tersebut.
Dari sahabat Jarir bin Abdullah al-Bajali: “Kami (para
sahabat) menganggap kegiatan berkumpul di rumah keluarga mayit, serta
penghidangan makanan oleh mereka merupakan bagian dari niyahah (meratapi
mayit)”. (Musnad Ahmad bin Hambal (Beirut: Dar al-Fikr, 1994) juz II, hal 204
& Sunan Ibnu Majah (Beirut: Dar al-Fikr) juz I, hal 514)
MUKTAMAR I NAHDLATUL ULAMA (NU) KEPUTUSAN MASALAH DINIYYAH
NO: 18 / 13 RABI’UTS TSAANI 1345 H / 21 OKTOBER 1926 DI SURABAYA
TENTANG KELUARGA MAYIT
MENYEDIAKAN MAKAN KEPADA PENTAKZIAH
Soalan:
Bagaimana hukumnya keluarga mayat menyediakan makanan untuk
hidangan kepada mereka yang datang berta’ziah pada hari wafatnya atau hari-hari
berikutnya, dengan maksud bersedekah untuk mayat tersebut? Apakah keluarga
memperoleh pahala sedekah tersebut?
Jawapan :
Menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga atau
hari ketujuh itu hukumnya MAKRUH, apabila harus dengan cara berkumpul
bersama-sama dan pada hari-hari tertentu, sedang hukum makruh tersebut tidak
menghilangkan pahala itu.
KETERANGAN :
Dalam kitab I’anatut Thalibin Kitabul Janaiz:
“MAKRUH hukumnya bagi
keluarga mayit ikut duduk bersama orang-orang yang sengaja dihimpun untuk
berta’ziyah dan membuatkan makanan bagi mereka, sesuai dengan hadits riwayat
Ahmad dari Jarir bin Abdullah al Bajali yang berkata: ”kami menganggap
berkumpul di (rumah keluarga) mayit dengan menyuguhi makanan pada mereka,
setelah si mayit dikubur, itu sebagai bagian dari RATAPAN (YANG DILARANG).”
Dalam kitab Al Fatawa Al Kubra disebutkan :
“Beliau ditanya semoga Allah mengembalikan barokah-Nya
kepada kita. Bagaimanakah tentang hewan yang disembelih dan dimasak kemudian
dibawa di belakang mayit menuju kuburan untuk disedekahkan ke para penggali
kubur saja, dan TENTANG YANG DILAKUKAN PADA HARI KETIGA KEMATIAN DALAM BENTUK PENYEDIAAN
MAKANAN UNTUK PARA FAKIR DAN YANG LAIN, DAN DEMIKIAN HALNYA YANG DILAKUKAN PADA
HARI KETUJUH, serta yang dilakukan pada genap sebulan dengan pemberian roti
yang diedarkan ke rumah-rumah wanita yang menghadiri proses ta’ziyah jenazah.
Mereka melakukan semua itu tujuannya hanya sekedar
melaksanakan kebiasaan penduduk setempat sehingga bagi yang tidak mau
melakukannya akan dibenci oleh mereka dan ia akan merasa diacuhkan. Kalau
mereka melaksanakan adat tersebut dan bersedekah tidak bertujuaan (pahala)
akhirat, maka bagaimana hukumnya, boleh atau tidak?
Apakah harta yang telah ditasarufkan, atas keingnan ahli
waris itu masih ikut dibagi/dihitung dalam pembagian tirkah/harta warisan,
walau sebagian ahli waris yang lain tidak senang pentasarufan sebagaian tirkah
bertujuan sebagai sedekah bagi si mayit selama satu bulan berjalan dari
kematiannya. Sebab, tradisi demikian, menurut anggapan masyarakat harus
dilaksanakan seperti “wajib”, bagaimana hukumnya.”
Beliau menjawab bahwa semua yang dilakukan sebagaimana yang
ditanyakan di atas termasuk BID’AH YANG TERCELA tetapi tidak sampai haram
(alias makruh), kecuali (bisa haram) jika prosesi penghormatan pada mayit di
rumah ahli warisnya itu bertujuan untuk “meratapi” atau memuji secara
berlebihan (rastsa’).
Dalam melakukan prosesi tersebut, ia harus bertujuan untuk
menangkal “OCEHAN” ORANG-ORANG BODOH (yaitu orang-orang yang punya adat
kebiasaan menyediakan makanan pada hari wafat atau hari ketiga atau hari
ketujuh, dst-penj.), agar mereka tidak menodai kehormatan dirinya, gara-gara ia
tidak mau melakukan prosesi penghormatan di atas.
Dengan sikap demikian, diharapkan ia mendapatkan pahala
setara dengan realisasi perintah Nabi terhadap seseorang yang batal (karena
hadast) shalatnya untuk menutup hidungnya dengan tangan (seakan-akan hidungnya
keluar darah). Ini demi untuk menjaga kehormatan dirinya, jika ia berbuat di
luar kebiasaan masyarakat.
Tirkah tidak boleh diambil / dikurangi seperti kasus di
atas. Sebab tirkah yang belum dibagikan mutlak harus disterilkan jika terdapat
ahli waris yang majrur ilahi. Walaupun ahli warisnya sudah pandai-pandai,
tetapi sebagian dari mereka tidak rela (jika tirkah itu digunakan sebelum
dibagi kepada ahli waris).
[Buku "Masalah Keagamaan" Hasil Muktamar/ Munas
Ulama NU ke I s/d XXX (yang terdiri dari 430 masalah) oleh KH. A. Aziz Masyhuri
ketua Pimpinan Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah dan Pengasuh Ponpes Al
Aziziyyah Denanyar Jombang. Kata Pengantar Menteri Agama Republik Indonesia :
H. Maftuh Basuni]
Keterangan lebih lengkapnya lihat dalam Kitab I’anatut
Thalibin Juz 2 hal. 165 -166 , Seperti terlampir di bawah ini :
وقد أرسل الامام الشافعي - رضي الله عنه
- إلى بعض أصحابه يعزيه في ابن له قد مات بقوله: إني معزيك لا إني على ثقة * * من الخلود،
ولكن سنة الدين فما المعزى بباق بعد ميته * * ولا المعزي ولو عاشا إلى حين والتعزية:
هي الامر بالصبر، والحمل عليه بوعد الاجر، والتحذير من الوزر بالجزع، والدعاء للميت
بالمغفرة وللحي بجبر المصيبة، فيقال فيها: أعظم الله أجرك، وأحسن عزاءك، وغفر لميتك،
وجبر معصيتك، أو أخلف عليك، أو نحو ذلك.وهذا في تعزية المسلم بالمسلم.
وأما تعزية المسلم بالكافر فلا يقال فيها:
وغفر لميتك، لان الله لا يغفر الكفر.
وهي مستحبة قبل مضي ثلاثة أيام من الموت،
وتكره بعد مضيها.ويسن أن يعم بها جميع أهل الميت من صغيروكبير، ورجل وامرأة، إلا شابة
وأمرد حسنا، فلا يعزيهما إلا محارمهما، وزوجهما.ويكره ابتداء أجنبي لهما بالتعزية،
بل الحرمة أقرب.ويكره لاهل الميت الجلوس للتعزية، وصنع طعام يجمعون الناس عليه، لما
روى أحمد عن جرير بن عبد الله البجلي، قال: كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم
الطعام بعد دفنه من النياحة، ويستحب لجيران أهل الميت - ولو أجانب - ومعارفهم - وإن
لم يكونوا جيرانا - وأقاربه الاباعد - وإن كانوا بغير بلد الميت - أن يصنعوا لاهله
طعاما يكفيهم يوما وليلة، وأن يلحوا عليهم في الاكل.ويحرم صنعه للنائحة، لانه إعانة
على معصية.
وقد اطلعت على سؤال رفع لمفاتي مكة المشرفة
فيما يفعله أهل الميت من الطعام.وجواب منهم لذلك.
(وصورتهما).
ما قول المفاتي الكرام بالبلد الحرام دام
نفعهم للانام مدى الايام، في العرف الخاص في بلدة لمن بها من الاشخاص أن الشخص إذا
انتقل إلى دار الجزاء، وحضر معارفه وجيرانه العزاء، جرى العرف بأنهم ينتظرون الطعام،
ومن غلبة الحياء على أهل الميت يتكلفون التكلف التام، ويهيئون لهم أطعمة عديدة، ويحضرونها
لهم بالمشقة الشديدة.فهل لو أراد رئيس الحكام - بما له من الرفق بالرعية، والشفقة على
الاهالي - بمنع هذه القضية بالكلية ليعودوا إلى التمسك بالسنة السنية، المأثورة عن
خير البرية وإلى عليه ربه صلاة وسلاما، حيث قال: اصنعوا لآل جعفر طعاما يثاب على هذا
المنع المذكور ؟ أفيدوا بالجواب بما هو منقول ومسطور.
(الحمد لله وحده) وصلى الله وسلم على سيدنا
محمد وعلى آله وصحبه والسالكين نهجهم بعده.اللهم أسألك الهداية للصواب.
نعم، ما يفعله الناس من الاجتماع عند أهل
الميت وصنع الطعام، من البدع المنكرة التي يثاب على منعها والي الامر، ثبت الله به
قواعد الدين وأيد به الاسلام والمسلمين.
قال العلامة أحمد بن حجر في (تحفة المحتاج
لشرحك المنهاج): ويسن لجيران أهله - أي الميت - تهيئة طعام يشبعهم يومهم وليلتهم، للخبر
الصحيح.اصنعوا لآل جعفر طعاما فقد جاءهم ما يشغلهم
ويلح عليهم في الاكل ندبا، لانهم قد يتركونه
حياء، أو لفرط جزع.ويحرم تهيئه للنائحات لانه إعانة على معصية، وما اعتيد من جعل أهل
الميت طعاما ليدعوا الناس إليه، بدعة مكروهة - كإجابتهم لذلك، لما صح عن جرير رضي الله
عنه.كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام بعد دفنه من النياحة.
ووجه عده من النياحة ما فيه من شدة الاهتمام
بأمر الحزن.
ومن ثم كره اجتماع أهل الميت ليقصدوا بالعزاء،
بل ينبغي أن ينصرفوا في حوائجهم، فمن صادفهم عزاهم.
اه.
وفي حاشية العلامة الجمل على شرح المنهج:
ومن البدع المنكرة والمكروه فعلها: ما يفعله الناس من الوحشةوالجمع والاربعين، بل كل
ذلك حرام إن كان من مال محجور، أو من ميت عليه دين، أو يترتب عليه ضرر، أو نحو ذلك.
اه.وقد قال رسول الله (ص) لبلال بن الحرث
رضي الله عنه: يا بلال من أحيا سنة من سنتي قد أميتت من بعدي، كان له من الاجر مثل
من عمل بها، لا ينقص من أجورهم شيئا.
ومن ابتدع بدعة ضلالة لا يرضاها الله ورسوله،
كان عليه مثل من عمل بها، لا ينقص من أوزارهم شيئا.وقال (ص): إن هذا الخير خزائن، لتلك
الخزائن مفاتيح، فطوبى لعبد جعله الله مفتاحا للخير، مغلاقا للشر.وويل لعبد جعله الله
مفتاحا للشر، مغلاقا للخير.
ولا شك أن منع الناس من هذه البدعة المنكرة
فيه إحياء للسنة، وإماته للبدعة، وفتح لكثير من أبواب الخير، وغلق لكثير من أبواب الشر،
فإن الناس يتكلفون تكلفا كثيرا، يؤدي إلى أن يكون ذلك الصنع محرما.والله سبحانه وتعالى
أعلم.
كتبه المرتجي من ربه الغفران: أحمد بن زيني
دحلان - مفتي الشافعية بمكة المحمية - غفر الله له، ولوالديه، ومشايخه، والمسلمين.
(الحمد لله) من ممد الكون أستمد التوفيق
والعون.نعم، يثاب والي الامر - ضاعف الله له الاجر، وأيده بتأييده - على منعهم عن تلك
الامور التي هي من البدع المستقبحة عند الجمهور.
قال في (رد المحتار تحت قول الدار المختار)
ما نصه: قال في الفتح: ويستحب لجيران أهل الميت، والاقرباء الاباعد، تهيئة طعام لهم
يشبعهم يومهم وليلتهم، لقوله (ص): اصنعوا لآل جعفر
طعاما
(ما فقد جاءهم ما يشغلهم.حسنه الترمذي، وصححه
الحاكم.
ولانه بر ومعروف، ويلح عليهم في الاكل،
لان الحزن يمنعهم من ذلك، فيضعفون حينئذ.وقال أيضا: ويكره الضيافة من الطعام من أهل
الميت، لانه شرع في السرور، وهي بدعة.روى الامام أحمد وابن ماجه بإسناد صحيح، عن جرير
بن عبد الله، قال: كنا نعد الاجتماع إلى أهل الميت وصنعهم الطعام من النياحة.اه.
وفي البزاز: ويكره اتخاذ الطعام في اليوم
الاول والثالث وبعد الاسبوع، ونقل الطعام إلى القبر في المواسم إلخ.وتمامه فيه، فمن
شاء فليراجع.والله سبحانه وتعالى أعلم.كتبه خادم الشريعة والمنهاج: عبد الرحمن بن عبد
الله سراج، الحنفي، مفتي مكة المكرمة - كان الله لهما حامدا مصليا مسلما
Terjemahan kalimat yang telah
digaris bawahi atau ditulis tebal di atas, di dalam Kitab I’anatut Thalibin :
1. Ya, apa yang dikerjakan orang, iaitu berkumpul di rumah
keluarga mayit dan dihidangkannya makanan untuk itu, adalah termasuk Bid’ah
Mungkar, yang bagi orang yang melarangnya akan diberi pahala.
2. Dan apa yang telah menjadi kebiasaan, ahli mayit membuat
makanan untuk orang-orang yang diundang datang padanya, adalah Bid’ah yang
dibenci.
3. Dan tidak diragukan lagi bahwa melarang orang-orang untuk
melakukan Bid’ah Mungkarah itu (Haulan/Tahlilan : red) adalah menghidupkan
Sunnah, mematikan Bid’ah, membuka banyak pintu kebaikan, dan menutup banyak
pintu keburukan.
4. Dan dibenci bagi para tamu memakan makanan keluarga
mayit, karena telah disyari’atkan tentang keburukannya, dan perkara itu adalah
Bid’ah. Telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu Majah dengan sanad yang
Shahih, dari Jarir ibnu Abdullah, berkata : “Kami menganggap berkumpulnya
manusia di rumah keluarga mayit dan dihidangkan makanan , adalah termasuk
Niyahah”
5. Dan dibenci menyelenggarakan makanan pada hari pertama,
ketiga, dan sesudah seminggu dst.
Muhammadiyah, PERSIS dan Al Irsyad, sepakat mengatakan bahwa
Tahlilan (Selamatan Kematian) adalah perkara bid’ah, dan harus ditinggalkan
Dari Thalhah: “Sahabat Jarir mendatangi sahabat Umar, Umar
berkata: Apakah kamu sekalian suka meratapi mayat? Jarir menjawab: Tidak, Umar
berkata: Apakah di antara wanita-wanita kalian semua suka berkumpul di rumah
keluarga mayit dan memakan hidangannya? Jarir menjawab: Ya, Umar berkata: Hal
itu sama dengan meratap”. (al-Mashnaf ibn Aby Syaibah (Riyad: Maktabah
al-Rasyad, 1409), juz II hal 487) dari Sa’ied bin Jabir dan dari Khaban
al-Bukhtary, kemudian dikeluarkan pula oleh Abd al-Razaq: “Merupakan perbuatan
orang-orang jahiliyyah niyahah , hidangan dari keluarga mayit, dan menginapnya
para wanita di rumah keluarga mayit”. (al-Mashnaf Abd al-Razaq al-Shan’any
(Beirut: al-Maktab al- Islamy, 1403) juz III, hal 550. dikeluarkan pula oleh
Ibn Abi Syaibah dengan lafazh berbeda melalui sanad Fudhalah bin Hashien, Abd
al-Kariem, Sa’ied bin Jabbier) Dari Ibn Aby Syaibah al-Kufy: “Telah berbicara
kepadaku Yan’aqid bin Isa dari Tsabit dari Qais, beliau berkata: saya melihat
Umar bin Abdul Aziz melarang keluarga mayit mengadakan perkumpulan, kemudian
berkata: kalian akan mendapat bencana dan akan merugi”.
Dari Ibn Aby Syaibah al-Kufy: “Telah berbicara kepada kami,
Waki’ bin Jarrah dari Sufyan dari Hilal bin Khabab al Bukhtary, beliau berkata:
Makanan yang dihidangkan keluarga mayat adalah merupakan bagian dari perbuatan
Jahiliyah dan meratap merupakan bagian dari perbuatan jahiliyah”.
Syekh Nawawi al-Bantani, Syekh Arsyad al-Banjary dan Syekh
Nuruddin ar- Raniry yang merupakan peletak dasar-dasar pesantren di Indonesia
pun masih berpegang kuat dalam menganggap buruknya selamatan kematian itu.
“Shadaqah untuk mayit, apabila
sesuai dengan tuntunan syara’ adalah dianjurkan, namun tidak boleh dikaitkan
dengan hari ke tujuh atau hari- hari lainnya, sementara menurut Syaikh Yusuf,
telah berjalan kebiasaan di antara orang-orang yang melakukan shadaqah untuk
mayit dengan dikaitkan terhadap hari ketiga dari kematiannya, atau hari ke
tujuh, atau keduapuluh, atau keempatpuluh, atau keseratus dan sesudahnya hingga
dibiasakan tiap tahun dari kematiannya, padahal hal tersebut hukumnya makruh.
Demikian pula makruh hukumnya menghidangkan makanan yang
ditujukan bagi orang-orang yang berkumpul pada malam penguburan mayit (biasa
disebut al-wahsyah), bahkan haram hukumhukumnya biayanya berasal dari harta
anak yatim”. (an-Nawawy al-Bantani, Nihayah al-Zein fi Irsyad al-Mubtadi’ien
(Beirut: Dar al-Fikr) hal 281).
Pernyataan senada juga diungkapkan Muhammad Arsyad
al-Banjary dalam Sabiel al-Muhtadien (Beirut: Dar al-Fikr) juz II, hal 87,
serta Nurudin al-Raniry dalam Shirath al-Mustaqim (Beirut: Dar al-Fikr) juz II,
hal 50)
Dari majalah al-Mawa’idz yang diterbitkan oleh NU pada tahun
30-an, menyitir pernyataan Imam al-Khara’ithy yang dilansir oleh kitab
al-Aqrimany disebutkan: “al-Khara’ithy mendapat keterangan dari Hilal bin
Hibban r.a, beliau berkata: ‘Penghidangan makanan oleh keluarga mayit merupakan
bagian dari perbuatan orang-orang jahiliyah’. kebiasaan tersebut oleh
masyarakat sekarang sudah dianggap sunnah, dan meninggalkannya berarti bid’ah,
maka telah terbalik suatu urusan dan telah berubah suatu kebiasaan’. (al-Aqrimany
dalam al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No.
18, hal.286).
Dan para ulama berkata: “Tidak pantas orang Islam mengikuti
kebiasaan orang Kafir, oleh karena itu setiap orang seharusnya melarang
keluarganya dari menghadiri acara semacam itu”. (al-Aqrimany hal 315 dalam
al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18,
hal.285)
Al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati dalam kitabnya I’anah
at- Thalibien menghukumi makruh berkumpul bersama di tempat keluarga mayat,
walaupun hanya sebatas untuk berbelasungkawa, tanpa dilanjutkan dengan proses
perjamuan tahlilan.
Beliau justru menganjurkan untuk segera meninggalkan
keluarga tersebut, setelah selesai menyampaikan ta’ziyah. (al-Sayyid al-Bakry
Abu Bakr al-Dimyati, I’anah at- Thalibien (Beirut: Dar al-Fikr, 1414) juz II,
hal 146)
Ibnu Taimiyah ketika
menjawab pertanyaan tentang hukum dari al-Ma’tam: “Tidak diterima keterangan
mengenai perbuatan tersebut apakah itu hadits shahih dari Nabi, tidak pula dari
sahabat-sahabatnya, dan tidak ada seorangpun dari imam-imam muslimin serta dari
imam madzhab yang empat (Imam Hanafy, Imam Maliki, Imam Syafi’i, Imam Ahmad)
juga dari imam-imam yang lainnya, demikian pula tidak terdapat keterangan dari
ahli kitab yang dapat dipakai pegangan, tidak pula dari Nabi, sahabat,
tabi’ien, baik shahih maupun dlaif, serta tidak terdapat baik dalam kitab-kitab
shahih, sunan-sunan ataupun musnad-musnad, serta tidak diketahui pula satupun
dalam hadits-hadits dari zaman nabi dan sahabat.
” Menurut pendapat Mufty Makkah
al-Musyarafah, Ahmad bin Zainy Dahlan yang dilansir dalam kitab I’anah
at-Thalibien: “Tidak diragukan lagi bahwa mencegah masyarakat dari perbuatan
bid’ah munkarah tersebut adalah mengandung arti menghidupkan sunnah dan mematikan
bid’ah, sekaligus berarti menbuka banyak pintu kebaikan dan menutup banyak
pintu keburukan”. (al-Sayyid al-Bakry Abu Bakr al-Dimyati, I’anah at-Thalibien
juz II, hal 166)
Memang seolah-olah terdapat banyak unsur kebaikan dalam
tahlilan itu, namun bila dikembalikan ke dalam hukum agama dimana Hadits ke-5
Arba’in an- Nawawiyah disebutkan: “Dari Ummul mukminin, Ummu ‘Abdillah, ‘Aisyah
radhiallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang
mengada-adakan sesuatu dalam urusan agama kami ini yang bukan dari kami, maka
dia tertolak”. (Bukhari no. 2697, Muslim no. 1718)
Ahli Sunnah wal Jama’ah adalah instrumen untuk menjaga
kemurnian Islam ini meskipun sampai akhir zaman Allah tidak mengutus Rasul
lagi. Dibalik larangan bid’ah terkandung hikmah yang sangat besar, membentengi
perubahan- perubahan dalam agama akibat arus pemikiran dan adat istiadat dari
luar Islam.
Bila pada umat-umat terdahulu telah menyeleweng agamanya,
Allah mengutus Rasul baru, maka pada umat Muhammad ini Allah tidak akan
mengutus Rasul lagi sampai kiamat, namun membangkitkan orang yang memperbarui
agamanya seiring penyelewengan yang terjadi. Ibadah yang disunnahkan
dibandingkan dengan yang diada-adakan hakikatnya sangat berbeda, bagaikan
uang/ijazah asli dengan uang/ijazah palsu, meskipun keduanya tampak sejenis.
Yang membedakan 72 golongan ahli neraka dengan 1 golongan
ahli surga adalah sunnah dan bid’ah. Umat ini tidak berpecahbelah sehebat
perpecahan yang diakibatkan oleh bid’ah. Perpecahan umat akibat perjudian, pencurian,
pornografi, dan kemaksiatan lain akan menjadi jelas siapa yang berada di pihak
Islam dan sebaliknya.
Sedang perpecahan akibat bid’ah senantiasa lebih rumit,
kedua belah pihak yang bertikai kelihatannya sama-sama alim.
Ibn Abbas r.a
berkata: “Tidak akan datang suatu zaman kepada manusia, kecuali pada zaman itu
semua orang mematikan sunnah dan menghidupkan bid’ah, hingga matilah sunnah dan
hiduplah bid’ah. tidak akan ada orang yang berusaha mengamalkan sunnah dan
mengingkari bid’ah, kecuali orang tersebut diberi kemudahan oleh Allah di dalam
menghadapi segala kecaman manusia yang diakibatkan karena perbuatannya yang
tidak sesuai dengan keinginan mereka serta karena ia berusaha melarang mereka
melakukan apa yang sudah dibiasakan oleh mereka, dan barangsiapa yang melakukan
hal tersebut, maka Allah akan membalasnya dengan berlipat kebaikan di alam
Akhirat”.(al- Aqriman y hal 315 dalam al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel
‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286)
Sehingga disimpulkan oleh Majalah al-Mawa’idz bahwa
mengadakan perjamuan di rumah keluarga mayit berarti telah melanggar tiga hal:
1. Membebani keluarga mayit, walaupun tidak meminta untuk
menyuguhkan makanan, namun apabila sudah menjadi kebiasaan, maka keluarga mayit
akan menjadi malu apabila tidak menyuguhkan makanan.
2. Merepotkan keluarga mayit, sudah kehilangan anggota
keluarga yang dicintai, ditambah pula bebannya.
3. Bertolak belakang dengan hadits. Menurut hadits, justeru
kita (tetangga) yang harus mengirimkan makanan kepada keluarga mayit yang
sedang berduka cita, bukan sebaliknya. (al-Mawa’idz; Pangrodjong Nahdlatoel
‘Oelama Tasikmalaya, hal 200)
Kemudian, berdasarkan keterangan Sayid Bakr di dalam kitab
‘Ianah, ternyata para ulama dari empat madzhab telah menyepakati bahwa
kebiasaan keluarga mayit mengadakan perjamuan yang biasa disebut dengan istilah
nyusur tanah, tiluna, tujuhna, dst merupakan perbuatan bid’ah yang tidak
disukai agama (hal 285).
Melalui kutipan-kutipan tersebut, diketahuilah bahwa
sebenarnya yang menghukumi bid’ah munkarah itu ternyata ulama-ulama Ahl
as-Sunnah wa al- Jamaah, bukan hanya (majalah) Attobib, al-moemin, al-Mawa’idz.
tidak tau siapa yang menghukumi sunat, apakah Ahl as-Sunnah wa al-Jamaah atau
bukan (hal 286). Dan dapat dipahami dari dalil-dalil terdahulu, bahwa hukum
dari menghidangkan makanan oleh keluarga mayit adalah bid’ah yang dimakruhkan
dengan makruh tahrim (makruh yang identik dengan haram). Demikian dikarenakan
hukum dari niyahah adalah haram, dan apa yang dihubungkan dengan haram, maka
hukumnya adalah haram”. (al-Aqrimany hal 315 dalam al- Mawa’idz; Pangrodjong
Nahdlatoel ‘Oelama Tasikmalaya, Th. 1933, No. 18, hal.286)
Kita tidaklah akan lepas dari kesalahan, termasuk kesalahan
akibat ketidaktahuan, ketidaksengajaan, maupun ketidakmampuan. Namun jangan
sampai kesalahan yang kita lakukan menjadi sebuah kebanggaan. Baik yang
menghukumi haram maupun makruh, sebagaimana halnya rokok, tahlilan, dll
selayaknya diusahakan untuk ditinggalkan, bukan dibela-bela dan dilestarikan.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan